Website Tiba-Tiba Hilang dari Google? Berikut Ini Jawaban Dari Google Mengenai Deindexing

John Mueller membahas berbagai cara Google menghapus situs web dari indeks pencarian

Pernah ngalamain masalah ketika website tiba-tiba hilang dari Google? Atau postingan sama sekali tidak terindex di mesin pencari Google? Nah ini dia jawaban dari Google mengenai deindexing atau penyebab website hilang dari Google.

John Mueller membahas berbagai cara Google menghapus situs web dari indeks pencarian

Mueller menjawab pertanyaan dari seseorang yang situsnya dideindeks dan kehilangan peringkatnya. John Mueller memberikan daftar masalah teknis yang dapat menyebabkan Google menghapus situs web dari hasil penelusuran.

Yang menarik dari pertanyaan dan jawaban ini adalah bahwa Mueller membahas dua jenis deindexing, deindexing sebagian dan deindexing keseluruhan.

Oh ya jawaban dari Google ini tidak spesifik ya melainkan sangat general/umum mengenai cara kerja robot Google yang berkaitan dengan SEO On-Page.

Ranking Hilang Setelah Upgrade ke Yoast Pro

Jadi ini pertanyaan yang diberikan kepada Mueller

“Saya memiliki sebuah website dan peringkatnya bagus sebelum tanggal 23 Maret. Kemudian saya upgrade dari Yoast SEO… gratis ke premium. Setelah itu website saya tersebut di-deindex dari Google dan kami kehilangan semua kata kunci kami. ”

Orang yang mengajukan pertanyaan tersebut mencatat bahwa selama beberapa hari terakhir, kata kunci kembali ke hasil pencarian selama beberapa jam dan kemudian akan hilang hilang.

Mereka mengatakan telah memeriksa Robots.txt, dan memeriksa peta situs (sitemap) serta memverifikasi bahwa tidak ada hukuman atau pinalti dari Google.

Namun satu hal yang tidak dia sebutkan untuk diperiksa adalah apakah laman web berisi tag meta Robot Noindex.

Mueller Menegaskan Plugin Yoast Bukan Penyebab Diindexing

Mueller memulai jawabannya dengan berspekulasi bahwa deindexing tidak terkait dengan pembaruan plugin Yoast dari versi gratis ke versi premium.

Ataupun ketika menggunakan plugin SEO lainnya seperti Rank Math, Slim SEO, dan kawan-kawannya.

Saya pikir masuk akal untuk memulai dengan plugin Yoast atau SEO lainnya dan melihat pengaturannya. Saya pernah mengalami kejadian di mana saya menginstal Plugin SEO Yoast dan kemudian menemukan bahwa halaman entah bagaimana memperoleh deskripsi meta “noindex”.

Saya tidak tahu apa yang menyebabkan hal itu terjadi, saya hanya memperhatikan bahwa itu terjadi.

Menurut pengalaman saya, adalah praktik yang baik untuk tidak mengabaikan apa pun sebagai alasan tanpa memeriksanya terlebih dahulu.

Jadi saya harus tidak setuju dengan menolak peningkatan plugin Yoast SEO sebagai penyebab tanpa memeriksanya sebelum mengesampingkannya.

Kenapa Google Deindex Sebuah Website

Mueller selanjutnya memberikan penjelasan tentang proses deindexing termasuk skenario deindexing yang lama di mana bagian dari situs perlahan-lahan deindexing karena Google tidak menganggapnya relevan.

Deindex Sebagian

Mueller selanjutnya membahas proses deindexing bagian situs secara perlahan, tetapi tidak untuk keseluruhan situs. Apa yang dia gambarkan selanjutnya adalah deindexing parsial.

“Tapi itu bisa jadi masalah teknis di suatu tempat.

Karena biasanya… ketika kita mengurangi pengindeksan sebuah situs, ketika kita mengatakan kita tidak perlu memiliki banyak URL yang diindeks dari sebuah situs web, kita cenderung menyimpan… URL yang lebih relevan untuk situs itu dan itu cenderung menjadi sesuatu itu terjadi lebih dari… Saya tidak tahu… periode waktu yang lebih lama ini seperti perlahan-lahan mengubah pengindeksan. ”

Deindex Keseluruhan

Selanjutnya Mueller menjelaskan penyebab kenapa website bisa kena deindex secara keseluruhan.

“Jadi, jika Anda melihat sesuatu di mana seperti seluruh situs menghilang dari pengindeksan, itu hampir terdengar seperti sesuatu yang mungkin terkait dengan masalah teknis… sesuatu di sepanjang garis itu.”

Selanjutnya, Mueller menyarankan untuk pergi ke Forum Bantuan Webmaster untuk meminta bantuan dalam mendiagnosis masalah tertentu, atau masalah spesifik tentang website kita.

Menurut Mueller, beberapa penyebab website kena deindex keseluruhan bisa jadi masalah teknis, masalah kualitas situs, masalah spam, aau mungkin peristiwa peretasan.

Beberapa Penyebab Dindexing

Jika situs sedang deindexed, sebaiknya periksa tidak hanya file Robots.txt tetapi juga untuk memeriksa kode sumber dari masing-masing halaman itu sendiri untuk memastikan tidak ada file deskripsi meta noindex nakal yang memblokir Google untuk mengindeks web halaman.

Ada banyak alasan mengapa situs dapat dibatalkan indeksnya di luar robots.txt dan tag meta robot yang tidak disengaja, seperti yang dicatat Mueller. Alasan seperti peristiwa peretasan atau masalah teknis lainnya yang dapat memblokir Google harus diselidiki dan tidak ada yang dikesampingkan sampai itu diperiksa.

Leave a Reply

Physical Address

304 North Cardinal St.
Dorchester Center, MA 02124